Suka Duka Membuka Jasa Percantik Blog

Hai, Sobat Blogger!

Jasa Percantik Blog

Buat saya membuka jasa percantik blog adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari rumah. Yap, apalagi untuk seorang blogger yang memang kerjaannya tidak jauh-jauh dari oprek-oprek blog. Nah, dari sinilah akhirnya saya berani untuk membuka jasa percantik blog.

Awalnya saya pun enggak begitu paham sama blog. Zaman saya kuliah di IT, bikin blog itu ribet banget harus pakai dreamweaver segala. Isinya kodingan semua dan harus bikin blog atau website dari awal tanpa template. Pusing? Jelaslah, buat saya yang enggak paham koding mah bikin sakit kepala, haha. Alhamdulillah, untung bisa lulus tepat waktu.

Baca juga Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Seiring berjalannya waktu. Saya enggak pernah kepikiran sama sekali bakalan jadi seorang blogger atau penulis. Apalagi sampai buka jasa percantik blog. Enggak pernah ada bayang-bayang itu, wkwkwk. Punya cita-cita aja enggak sampai ke situ juga. Tapi itulah, Allah maha tahu untuk setiap hamba-Nya dan itu ternyata yang terbaik untuk saya. Alhamdulillah, Allah berikan jalan di profesi ini.

Mengapa Akhirnya Nge-Blog?

Sebenarnya awal saya terjun menulis itu sebagai penulis artikel di salah satu platform online. Pada waktu itu bayarannya dollar dan sudah menulis ratusan artikel di sana. Wah pasti ada yang tahu nih apa nama platform online-nya, hihi. Nah, berhubung semakin lama bayarannya di sana semakin murah. Akhirnya beralih lah untuk menulis buku antologi dan menulis di blog.

Jasa Percantik Blog

Pikirannya waktu itu membuat blog akan semerawut dan sulit seperti sewaktu kuliah. Sampai saya di kasih tahu teman bahwa ada training membuat blog dengan mudah untuk emak-emak. Ketahuilah saya salah satu anggota training itu, haha. Please jangan diketawain, yak. Emang saya tuh anak IT abal-abal, heu. Empat tahun kuliah, pas bikin blog ternyata malah ikutan training. Duh, hidup saya lucu sekali emang, wkwkwk.

Ketika berhasil membuat blog sendiri, saya sempat kaget dan membatin dalam diri, "Kok, segampang ini ya bikin blog." Walah, ternyata emang saya aja yang sudah ketakutan bahwa bikin blog itu sulit. Padahal kalau saya lebih santai dan mau berusaha lebih seharusnya mah bisa aja bikin blog tanpa ikutan training. Tapi tak apalah, jadi banyak sekali ketemu teman blogger dari training ini. Selain itu, dapat bonus untuk jadi anggota di pasukan blogger. Masyaallah.

Mengapa Membuka Jasa Percantik Blog?

Berawal dari mengadakan training blog untuk pemula di salah satu komunitas menulis. Nah, semakin banyak yang tanya saya via japri untuk membuat blog. Namun, enggak semua orang mudah memahami cara membuat blog. Akhirnya saya buka jasa percantik blog saja bagi mereka yang kesulitan untuk membuat blog atau tidak ada waktu untuk mempercantik blognya.

Baca juga Deadlinkchecker, Menghapus Broken Link Semudah Senyum!

Memang untuk memahami si blog sendiri kita harus ada waktu extra dan berani untuk oprek blog. Sebenarnya tutorial membuat blog dan bagaimana cara mempercantik blog tuh banyak banget di google. Tapi, memang enggak semua orang mudah untuk memahaminya. Apalagi emak-emak yang bisa dibilang gaptek (gagap teknologi) untuk memahami blog.

Saya aja yang lulusan IT awal buat blog aja enggak paham, haha. Duh, malu kalau diinget-inget lagi. Jadi, dari permintaan yang banyak untuk membantu mereka yang tak paham membuat blog itulah, akhirnya saya membuka jasa percantik blog. Ini juga saya enggak menyangka loh, bisa buka jasa percantik blog, haha.

Apa Suka Duka Membuka Jasa Percantik Blog?

Lalu, apa saja suka dan duka ketika membuka jasa percantik blog? Buat saya yang masih amatiran dalam per-blog-an. Apalagi saya baru bisa di platform blogspot belum ke wordpress. Walaupun dulu zaman kuliah pakainya self hosted di wordpress. Tetap aja masih bingung sampai sekarang, wkwk. Makanya sekarang masih sanggupnya buka jasa percantik blog khusus blogspot. Untuk wordpress saya masih belajar dan belum berani, hihi.

Jasa Percantik Blog

Nah, saya akan sharing apa saja suka dan duka ketika membuka jasa percantik blog. Saya sharing sukanya dulu, ya. Berikut ini ulasannya :

1. Lebih Mengenal Platform Blogspot

Dikarenakan banyak oprek-oprek blogspot untuk mempercantik blog klien. Jadinya banyak mengenal platform satu ini. Yang tadinya hanya paham satu dua widget doang, sekarang hampir semua widget tahu kegunaannya apa. Masyaallah. Senang sih, ilmu jadi bertambah juga.

2. Banyak Mengenal Berbagai Macam Template Blog

Berhubung setiap mengerjakan blognya klien itu tidak pernah sama template blognya. Maka, saya harus banyak mengenal berbagai macam template blog yang akan digunakan oleh blognya klien. Apalagi setiap melihat template blog yang cantik pasti ada rasa ingin blog sendiri pakai template itu juga. Nah, semenjak buka jasa percantik blog. Hal tersebut sedikit berkurang untuk saya, karena sudah puas membuat blog klien jadi cantik dengan template blog tersebut. Ada hikmahnya juga, haha.

Baca juga Setiap Jasa Percantik Blog Harus Punya Etika

3. Mendapatkan Tambahan Penghasilan

Ini pasti sih. Alhamdulillah jasa percantik blog ini salah satu tambahan penghasilan yang lumayan untuk saya. Selain dari CP (Content Placement), CW (Content Writer), review produk atau lomba blog. Jadi, tak ada salahnya bagi yang suka oprek-oprek blogspot untuk buka jasa percantik blog. Yang paling penting tetap amanah dan jujur. Karena setiap pekerjaan yang diemban asal amanah dan jujur, orang yang pernah kerjasama dengan kita juga tidak akan segan untuk memperkenalkan jasa kita ke orang lain. Betul enggak?

4. Bekerja di Rumah

Nah ini poin yang paling disukai oleh hampir semua perempuan.Yaitu bisa bekerja di rumah. Yap, saya juga mengimpikan hal ini. Tapi dulu masih belum kepikiran bahwa membuka jasa percantik blog bakalan saya pilih. Dulu tahunya hanya online shop saja, padahal banyak juga pekerjaan lain yang bisa dikerjakan di rumah dan menghasilkan pundi-pundi uang. Alhamdulillah, kenal dengan blog dan akhirnya bisa bekerja di rumah.

5. Mengenal Berbagai Macam Karakter Klien

Ini hal yang unik buat saya karena setiap klien itu punya karakter macam-macam. Ada yang mintanya buru-buru, ada yang santai banget, malah ada yang lupa kalau blognya sedang saya kerjakan. Lucu sih kalau diingat-ingat, haha. Apalagi ada yang mengira kalau blognya sedang di hack. Padahal itu saya yang lagi masuk ke blognya untuk mempercantik si blog tersebut. Haduh, untung saya enggak dilaporkan ke polisi, haha.

Belum lagi ada yang sampai kasih saya makanan atau hadiah ke rumah karena merasa bersyukur blognya di percantik saya. Padahal klien tersebut sudah bayar jasanya loh, sampai saya yang enggak enak karena si klien baik banget, hihi. Masyaallah. Semoga aja saya enggak menemukan kliennya yang aneh bin ajaib ya. Yang baik-baik aja ketemunya, hihi.

Baca juga Sharing Mengenai Peluang Berpenghasilan dari Blog

Itu tadi sukanya membuka jasa percantik blog. Lalu, bagaimana dengan duka ketika membuka jasa percantik blog? Berikut ini dukanya ketika membuka jasa percantik blog :

1. Diminta Mengerjakan dalam Sehari

Nah ini saya berasa jadi seorang wonder woman jika diminta buru-buru. Bukan enggak bisa sih. Sebenarnya ketika pengerjaan tidak banyak kesalahan memang cepat, kadang sehari juga bisa jadi. Tetapi, itu hanya bagian pergantian si template tersebut saja. Belum perintilannya seperti menambahkan menu. Belum lagi kalau si blog klien belum ada labels, padahal tulisan di blognya sudah sampai 2000 tulisan. Kan gempor ya kalau hanya sehari, haha.

Makanya saya sebelum mengiyakan untuk mempercantik blog. Biasanya saya cek dulu blognya dan pastinya harus pakai blogspot. Ketika sudah tahu blognya seperti apa, baru saya bisa mengira berapa lama waktu yang saya butuhkan. Sehari saya bekerja untuk jasa ini sekitar 6-8 jam saja. Karena ada keluarga dan rumah yang harus saya urus, hihi. Mohon dimaklumi, yaa.

2. Dianggap Harganya Terlalu Mahal

Iya ada beberapa klien yang bilang harganya mahal, tapi ada juga sih yang bilang harganya murah. Ya, tergantung emang. Padahal saya juga buka jasa percantik blog ini paling seharga theme premium sekitar $10 aja. Tapi, enggak pakai dollar ya bayarnya, haha. Memang yang anggap mahal mungkin belum paham bagaimana banyaknya yang perlu diurus ketika percantik blog.

Dikarenakan yang saya kerjakan bukan hanya sekedar ganti template blog. Tetapi saya juga memperbaiki printilannya seperti memperbaiki header, menambahkan widget yang diperlukan, menambahkan kodingan jika diperlukan, menambahkan menu, membuat sign nama dan memperbaiki hal lainnya untuk menunjang si blog semakin cantik.

3. Minta Service Lifetime Jika Ada Masalah

Sebenarnya memberikan service itu harus karena saya bekerja di bidang jasa. Tapi, saya agak keberatan untuk service lifetime. Biasanya jika ada masalah pada blog saya memberikan service sekitar sebulan saja. Kenapa begitu? Biasanya sih setelah pergantian template blog dan memperbaiki beberapa masalah di blog. Kebanyakan tidak ada masalah serius kecuali template blog premium yang dipakai tiba-tiba ada breadcrumbs-nya. Ini beberapa klien saya kena.

Nah, karena saya bukan pembuat template. Saya juga enggak bisa bantu banyak. Biasanya akan saya arahkan kembali kepada yang punya template. Nah, biasanya yang punya template ini yang akan bantu perbaiki. Biasanya sih dari mereka akan ada tambahan kodingan dan abis itu breadcrumbs-nya ilang.

So, untuk yang minta service lifetime saya belum sanggup, ya. Insyaallah jika blognya tidak banyak dicoba-coba sendiri setelah memakai jasa saya. Biasanya aman aja, enggak ada apa-apa. Kecuali abis di otak-atik sendiri terus tiba-tiba blognya jadi rusak. Nah, ini selama masih masa service sebulan saya bantu. Kalau enggak, ya mohon maaf, hihi.

4. Ingin Instan Blognya Bagus Tanpa Proses

Ini biasanya yang belum punya blog atau blognya baru sedikit tulisannya atau bisa juga jarang menulis di blog. Minta spam score-nya langsung 1 %, minta DA langsung naik drastis, minta tulisannya di page one terus dan minta yang lain-lain. Mohon maaf saya hanya jasa percantik blog. Untuk itu semua ya harus ada prosesnya. Pelan-pelan karena semua blogger pun juga mengalami dari bawah, enggak ada yang instan kok. Semangaat!

Itu tadi beberapa hal tentang suka maupun duka dari membuka jasa percantik blog. Memang enggak mudah sih menghadapi berbagai macam watak klien. Tapi kita sebagai pekerja di bidang jasa, ya harus bisa menghadapi klien dengan baik dan tanpa emosi pastinya, haha.

Baca juga Pengaturan Blog yang Sering Terlewat dan Harus Tahu!

Oh iya, berikut ini ada beberapa blog yang menggunakan jasa saya. Siapa tahu abis ini ada yang mau pakai jasa saya juga, hihi.

Berikut Ini Blog yang Pakai Jasa Saya

Jasa Percantik Blog

Ada lebih dari belasan blog yang menggunakan jasa saya. Yap, rata-rata memang emak-emak yang order blognya minta di percantik. Jadi, jangan heran jika isi blognya kebanyakan parenting atau tentang keluarga ketika lihat blog klien saya di bawah ini, ya. Berikut ini blog-blognya silahkan mampir jika berkenan.

1. Danar Rahayu's Blog


Jasa Percantik Blog

2. Joan Relany


Jasa Percantik Blog

3. Dunia Lisa


Jasa Percantik Blog

4. Meilahani


Jasa Percantik Blog

5. Golde Kindangen


Jasa Percantik Blog

6. Bunda Mami

Jasa Percantik Blog

7. Nova Nodiwa



Baca juga 15 Template Blog Berbayar, Harga di Bawah $10!

Masih ada sekitar 10 blog klien yang belum saya cantumkan. Sebenarnya ingin semuanya dicantumkan. Tetapi, setelah di cek ulang ada beberapa blog yang tidak bisa diakses. Mungkin sudah tidak digunakan lagi oleh pemiliknya. Insyaallah blog diatas sudah mencakup jasa saya sebagai percantik blog, ya.

Nah, bagi kamu yang mau blognya saya percantik juga. Yuk bisa hubungi saya lebih lanjut lewat email. Lah, jadi promosi, haha. Semoga yang ingin buka jasa percantik blog juga dimudahkan. Aamiin.

Salam,
bit.ly/steffifauziah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketagihan Snack dari Have a Snack, Kudu Cobain!

Pentingnya Mengenal Asmaul Husna Lebih Dekat!

9 Kelebihan Ibis Paint X, Membuat Header Blog Semakin Kece!