Give Yourself Time

Hai, Sobat Blogger!

Memberikan diri sendiri sebuah ruang untuk me time adalah hal yang semua orang butuhkan. Kita juga manusia biasa yang butuh tempat untuk memperbaiki diri dan introspeksi tanpa ada yang mengganggu. Kita juga butuh kok untuk menenangkan pikiran dari orang-orang yang kadang suka banget usil tentang kehidupan kita.

Give Yourself Time

Apalagi untuk seorang perempuan, kadang menjadi salah satu target dengan tekanan besar dalam hidup. Salah satunya masalah pendidikan dan arah hidup perempuan yang ditulis di blog Kak Icha ini. Masalah pendidikan ini memang masih jadi isu hangat untuk kaum perempuan.

Dianggapnya pendidikan untuk perempuan hanya buang-buang uang karena ujung-ujungnya hanya jadi IRT saja. Padahal mendidik anak itu juga butuh pendidikan, kan? Enggak kebayang jika ibunya saja tak berpendidikan, bagaimana nanti anak tumbuh menjadi penerus generasi bangsa ini?

Memang permasalahan dalam hidup tak hanya perempuan saja yang merasakan. Laki-laki pun memiliki masalahnya sendiri. Untuk itu kita pun harus bisa memberikan ruang untuk diri sendiri, agar tak berlarut dan menjadi masalah dalam kesehatan mental.

Baca juga Belajar Memaklumi Kelalaian Orang Lain!

Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk diri kita ini? Ada beberapa tips yang bisa kita simak di bawah ini. Harapannya kita bisa memberikan waktu pada diri sendiri dan tidak semua hal harus kita pikirkan :

1. Lakukan Me Time

Ini sangat penting sekali. Kita kadang lupa untuk memberikan diri sendiri me time yang sesungguhnya. Biasanya yang memiliki hobi sekaligus menjadikan pekerjaan. Akan hilang rasa me time yang sebelumnya pernah dirasakan. 

Untuk saya sendiri menulis itu me time banget, tapi ketika menulis menjadi pekerjaan dan memiliki deadline. Rasanya akan berbeda, kita dipaksa untuk segera menyelesaikan tulisan dan dipaksa juga untuk terus berpikir ide apa lagi yang harus segera ditulis. Apakah menulis jadi me time lagi untuk saya? Jawabannya tidak.

Berbeda jika menulis memang karena ingin dan ada hal yang perlu dicurahkan agar hati menjadi lebih plong. Itu jadi me time banget untuk saya. Tapi memang jika hobi menjadi pekerjaan kadang malah membuat jenuh dan tak lagi menyenangkan seperti dulu.

Nah untuk itulah, mencari me time lain yang sesungguhnya itu penting loh. Kita juga perlu untuk relax ketika seharian bekerja. Agar kita tetap waras dan fresh dalam berpikir. Tidak lagi semerawut dan memberikan waktu untuk kesehatan mental kita juga.

2. It's Okay If You're Not Okay


Give Yourself Time

Siapa bilang sih kita harus tetap dalam keadaan okay? Emang kita malaikat yang harus selalu sempurna? Enggak kan? Namanya manusia pasti pernah dalam keadaan tidak baik-baik saja. Dan itu sangat wajar kok. Kita harus bisa menerima hal tersebut.

Berikan waktu dan ruang untuk diri kita sendiri yang sedang tak baik-baik saja. Katakan pada diri sendiri bahwa itu hal yang wajar dan tak perlu membebani diri sendiri dengan mengatakan kita harus dalam keadaan baik-baik saja setiap saat.

Dengan memberikan ruang pada diri ini yang sedang tak baik-baik saja. Kita akan membuat diri ini merasa lebih lega dan tak ada lagi beban. So, it's okay if you are not okay.

3. Maafkan Diri Sendiri 

Jangan terlalu keras kepada diri sendiri, jika kita bisa memaafkan orang lain. Kenapa sulit untuk memaafkan diri sendiri?

Cobalah berkaca dan katakan bahwa kita sudah memaafkan diri kita sendiri. Tak apa berbuat salah karena itu hal yang wajar. Dari kesalahan tersebut kita introspeksi diri menjadi lebih baik lagi. Meski kesalahan itu memalukan, setidaknya kita jadi bisa berbenah diri.

Selain itu, pikiran kita jadi lebih sehat dan tak melulu menekan diri sendiri secara berlebihan. Jangan, ya. Sudah waktunya kita bisa memaafkan diri sendiri dan tak melulu menyalahkannya.

4. Semua Orang Pernah Berbuat Salah

Yap, siapa sih di dunia ini yang tak pernah berbuat salah. Semua orang pernah kok berbuat salah. Yang paling terpenting kita tak malu untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan tersebut. So, beri waktu pada dirimu sendiri untuk bisa menerima semuanya.

Jika kita merasa sangat bersalah, jangan terlalu dipikirkan. Ingatlah, bahwa kita juga berhak kok untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Agar tak mengulangi kesalahan yang sama.

Yuk, kita pasti bisa. Kita harus bangkit dan tak lagi menyalahkan diri sendiri. Maafkan diri sendiri, ya!

5. Positive Vibes


Give Yourself Time

Tetap berpikir positif dan mencari lingkungan positif juga. Terkadang kita jadi keikut overthinking dan berpikir negatif karena pengaruh dari lingkungan. Untuk itu, kita harus bisa memberi ruang pada pikiran dan tubuh kita agar menerima yang positif saja.

Jika pun ada satu atau dua orang yang mempengaruhi kita dengan pikiran negatif, kita harus bisa melawannya dengan positive thinking. Jangan mau kalah dengan negative thinking. Yuk, kita pasti bisa!

Baca juga Dibalik Kerasnya Ibu, Ternyata Ini Alasannya!

6. Proud of Yourself

Bangga dengan segala pencapaian yang telah kita capai. Mau pencapaian itu hanya selangkah atau dua langkah, tak apa. Bangga saja pada diri sendiri. Kita sudah bagus dan hebat loh sampai sejauh ini. Kalau kita flashback, pasti terlihat sekali bahwa kita dulu masih jauh tertinggal. Sekarang sudah bisa sejauh ini, sudah hebat.

Jika kata orang-orang kita masih jauh dari apa yang kita impikan. Tak apa, itu semua proses untuk mencapai itu kok. Enggak langsung instan kita dapat. Yang tahu diri kita sanggupnya berapa setiap hari untuk mencapai itu kan hanya diri kita yang tahu. 

So, banggalah dengan diri sendiri. Kita hebat dan kita pasti bisa menggapai apa yang kita inginkan suatu saat nanti. Bangga setiap hari dengan apa yang kita capai, ya.

7. Self Care

Lakukan perawatan diri pada tubuh, pikiran maupun kesehatan mental kita. Ini perlu untuk diri kita agar bisa merasa lebih bahagia. Terkadang dengan banyaknya pekerjaan, overthinking yang tak ada habis-habisnya, memikirkan omongan orang lain, belum lagi masalah yang sedang dihadapi dan berbagai macam masalah problematika hidup membuat kita mudah lelah dan stress.

Untuk itu berikan tubuh, pikiran dan piskis ini istirahat. Lakukan dan buatlah jadwal untuk self care. Rawatlah diri dengan bank agar tetap merasa tenang, sabar, hati menjadi lega dan positive thinking. Semoga kita bisa melewatinya, ya.

8. Tidak Mendengarkan Komentar Orang

Kita punya dua tangan, jadi tutup saja telinga kita sendiri. Agar tak lagi mendengar komentar jahat orang-orang itu. Rasanya memang tak enak ya diomongin orang lain. Tapi beginilah hidup, kita pasti akan diomongi oleh orang lain. Entah itu diomongi oleh keluarga, teman, sahabat, tetangga atau siapa pun itu.

Jika itu komentar jahat tak perlu kita masukkan dalam hati. Jika bisa tak perlu diingat komentarnya. Biarkan saja, kita juga butuh ketenangan kok. Jika dengerin orang lain terus kapan kita bisa menerima diri kita yang sesungguhnya. Yang ada kita menjadi orang lain untuk menyenangkan mereka. 

Jika itu komentar baik, terima juga dengan baik. Jadikan semangat untuk menjadi yang terbaik. Kita pasti hidup dengan komentar orang. Jadi, kita harus bisa mengatasi hal ini, agar kita juga tak melulu sakit hati.

9. Do The Best


Give Yourself Time

Lakukan yang terbaik setiap saat. Jika suatu saat kita tak melakukan yang terbaik, tak apa. Kita juga butuh waktu dan istirahat kok. Kembali lagi, jangan membebani diri ini dengan hal-hal yang memang kita tak sanggup.

Jika sanggupnya hanya dua langkah sehari, itu sudah bagus loh. Jika lain kali kita sanggup melangkah hingga lima kali, itu juga hebat. Namun, jangan bersedih jika suatu saat kita melangkah hanya satu langkah atau malah diam ditempat.

Tak apa. Tetap berikan yang terbaik dalam melakukan segala hal yang ingin kita capai. Berikan ruang pada pikiran dan tubuh kita ini. Jangan terlalu keras membebani diri, ya.


Nah, itu tadi beberapa tips untuk give yourself time. Kalau kamu sendiri biasanya suka melakukan apa nih untuk memberikan waktu pada diri sendiri? Yuk, saling komentar di bawah ini, ya. Semoga bermanfaat.

Salam,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketagihan Snack dari Have a Snack, Kudu Cobain!

Pentingnya Mengenal Asmaul Husna Lebih Dekat!

9 Kelebihan Ibis Paint X, Membuat Header Blog Semakin Kece!